"For fun and smart children"

20 May 2020
Free Printable Waktu

Mengenalkan jam kepada anak bisa dimulai dengan sesuatu yang menyenangkan dan sederhana. Seperti memperkenalkan konsep-konsep berapa lama waktu sebelum mengenalkan angka. Ini akan membantu anak merasakan arti lama dan sebentar sebuah waktu. Anak pun bisa diajarkan disiplin dan tanggung jawab dengan dibiasakan memberi tahu berapa lama mereka bisa bermain, berapa lama lagi mereka harus selesai beraktifitas, jam berapa mereka harus mulai makan, dan pada jam berapa saja aktifitas mereka akan dimulai dan berakhir. Misalnya 1 jam, 30 menit, 10 menit, dst. Jangan lupa tunjukan jarum jam pada jam analog  sebagai bukti sekaligus mengajarkan 1 jam dari satu angka ke angka mana. Setelah mereka terbiasa dengan aturan waktu ini, anak bisa mulai diajarkan angka-angka dan penjumlahan dalam aturan waktu.

 

 

 

Ketika otak anak semakin berkembang, koneksi saraf mereka menjadi lebih siap untuk memahami konsep waktu yang lebih rumit. Jadi, kurang lebih berapa sih usia anak bisa diajarkan tentang waktu? Ada beberapa patokan usia anak, namun tetap harus diingat setiap anak unik dan memiliki perkembangan masing-masing, jadi tidak perlu benar-benar dijadikan patokan baku ya:

 

  • Usia 5-6: Anak sudah mulai dapat membaca penanda jam dan menunjuk-menggambar waktu yang sesuai.

 

  • Usia 6-7: Anak mulai mengetahui jumlah menit dalam satu jam dan jumlah jam dalam sehari. Anak juha mulai dapat memberi tahu / menggambar waktu dalam penjumbalahan setiap lima menit, Anak juga mulai dapat memahami konsep kuartal ke kuartal sebelumnya

 

  • Usia 7-8: Anak mulai dapat membaca jam analog, menggunakan jam siang –malam seperti jam 12 untuk siang, jam 24 untuk malam, dan Angka Romawi (I-XII). Anak mulai dapat membandingkan waktu (dengan jam, menit, dan bahkan detik). Anak juga mulai terbiasa menggunakan istilah-istilah dalam waktu (pukul, pukul / pagi, pagi, siang, siang dan tengah malam).

 

Berikut Free printable waktu yang bisa di download untuk membantu anak belajar memahami waktu pada jam analog dan digital. Selamat bermain sambil belajar! Jangan lupa tag akun IG @CleferikDoodle yaaa :))

 

 

Find Us

Tags

© 2018 Template by w3layouts