"For fun and smart children"

01 June 2020
Hari Lahir Pancasila

"Namanya bukan Panca Darma, tetapi—saya namakan ini dengan petunjuk seorang teman kita ahli bahasa—namanya ialah Pancasila. Sila artinya asas atau dasar, dan di atas kelima dasar itulah kita mendirikan negara Indonesia, kekal dan abadi," seru Soekarno presiden pertama Indonesia.

 

Dalam rangka memperingati hari kelahiran Pancasila, saya ingin kembali menumbuhkan semangat cinta tanah air, semangat persatuan bangsa Indonesia yang dulu diperjuangkan dengan tumpah darah para pahlawan Indonesia, dengan pengorbanan keluarga para pahlawan yang gugur di medan perang.

 

Dimulai dengan mengenalkan lebih dalam makna Burung Garuda Pancasila dengan membuat permainan puzzle sambil menyebutkan setiap makna pada gambar, termasuk makna jumlah bulu sayap, ekor dan pangkal ekor, serta bulu leher burung Garuda Pancasila. Dengan harapan dapat menanamkan lebih dalam semangat nasionalisme yang sangat besar manfaatnya bagi bangsa Indonesia.

 

 

Terutama dalam era globalisasi, ditambah pula di masa pendemi seperti saat ini. Sebenarnya terlihat jelas seberapa besar semangat nasionalisme, seberapa besar pemahaman akan Pancasila; apakah mulai luntur atau tetap tertanam baik. Karena, bila semangat Pancasila ini tetap dipegang teguh bangsa Indonesia, semua lapisan masyarakat akan bersatu untuk saling menjaga satu sama lain, melepaskan ego masing-masing untuk mencapai kesejahteraan bersama.  

 

Harapannya, peringatan hari lahir Pancasila pada masa pendemi #bersatumelawancovid19 ini bisa kembali menyatukan bangsa Indonesia agar saling menjaga satu sama lain dan bersama-sama bangkit, baik dari segi ekonomi, segi sosial, maupun lainnya.

 

Silahkan klik link Free Printable Garuda Pancasila. Selamat bermain sambil belajar! Jangan lupa tag akun IG @CleferikDoodle yaaa :))

Find Us

Tags

© 2018 Template by w3layouts