"For fun and smart children"

15 June 2020
Ayo, Kenali Tubuh Kita dan Kebutuhannya!

Orang dewasa telah banyak menggunakan tubuh kita tanpa berpikir yang disebut sebagai Omatisitas. Otomatisitas memungkinkan otak kita untuk melakukan banyak tugas, merencanakan, menciptakan ide-ide baru, mengingat informasi, dan tentu saja mempelajari informasi baru tanpa disadari. Otomatisitas ini merupakan hal yang perlu dicapai sebagai milestone perkembangan anak usia dini. Otak pun tidak perlu bekerja terlalu keras untuk menjalankan tubuh karena sudah bergerak otomatis, sehingga otak dapat dimanfaatkan untuk mengerjakan hal-hal lain seperti membaca, menulis, berkarya, dan berhitung.

 

Mampu mengidentifikasikan bagian-bagian tubuh dan secara sadar menggunakan serta mengendalikannya adalah proses pengembangan kemampuan kognitif, fisik, dan bahasa. Pada anak usia dini, mereka belajar melalui pengalaman sensoriknya yang terjadi dengan bergerak dan eksplorasi di alam maupun kehidupan sehari-harinya. Semakin sering bereksploari tanpa ada intervensi “mengancam, menakut-nakuti ataupun larangan” dari orang di sekitarnya, anak menjadi lebih peka akan hal yang mereka lakukan / lihat / jelajah. Anak pun akan lebih kreatif, ceria, tidak mudah cranky, dan terjatuh. Tubuh kita pada dasarnya adalah mesin untuk menjelajah, berkarya, dan menjaga ciptaan-Nya.

 

Ketika si kecil mulai mempelajari dan mulai sadar akan tubuh mereka, pastikan untuk memperhatikan pembelajaran ini dan mendukungnya. Seperti mengajarkan nama setiap anggota tubuh, fungsi, kebutuhan, apa saja yang dapat dilakukan setiap anggota tubuh sehingga bermanfaat bagi alam, hingga mengajarkan mengapa Tuhan menciptakan mesin yang luar biasa detil berisi berjuta-juta mesin kecil. Karena aspek penting bagi seorang anak adalah mendorong mereka mempelajari tubuh mereka sendiri agar membantu mereka mengembangkan apresiasi untuk tubuh mereka dan kepercayaan diri sehingga memberikan motivasi positif. Hal ini sudah pasti akan membantu mereka tumbuh menjadi anak-anak dan orang dewasa yang INGIN menjaga tubuh mereka agar tetap kuat, sehat, dan aman sehingga mereka dapat terus melakukan semua hal yang mereka sukai. Akhirnya, mereka akan belajar bahwa bahagia berasal dari tubuh yang bahagia. Salah satunya dengan memahami apa yang terjadi bila mereka terluka, apa yang mereka rasakan, dan apa yang akan dilakukan mesin kecil dalam tubuh untuk menyembuhkan luka, dan apa yang dibutuhkan tubuh selain bergerak bebas, seperti memakan makanan dan minuman yang baik agar menghindari tubuh dikendalikan oleh zat lain seperti virus dan bakteri. Jika kita mulai lebih menekankan hal ini di masa kanak-kanak, anak-anak kita akan lebih cenderung untuk menghargai dan merawat tubuh dan juga menjaga alam yang dangat dibutuhkan mereka sepanjang hidup!

 

 

 

Berikut beberapa aktivitas dan printable kegiatan yang dapat membantu mengenalkan anggota tubuh dan lebih memahami manfaat alam yang selama ini merekalah yang menjaga dan sangat dibutuhkan manusia. 

 

 

 

Berikut bahan yang dibutuhkan untuk membuat permainan seperti di atas:

1. Printput free printable di atas kertas A4 HVS 80 gsm atau kertas karton

2. Kotak kardus bekas

3. Stik es krim

4. Gunting

5. Lem FOX putih

6. Cutter

7. Tutup botol bekas atau kardus bekas yang dipotong kotak/lingkaran

8. Spidol

 

Cara membuat:

Selamat bermain sambil belajar! Jangan lupa tag akun IG @CleferikDoodle yaaa :))

 

 

 

Find Us

Tags

© 2018 Template by w3layouts