"For fun and smart children"

19 March 2021
DIY Buku Personalisasi (sambut Ramadan)

Bulan suci Ramadan adalah bulan yang sangat spesial bagi umat Muslim. Bagi saya bulan Ramadan terasa lebih spesial. Kedua anak saya sudah menemukan pola dan keseharian mereka sehingga saya pun mendapatkan tantangan menarik untuk dapat menjaga jadwal anak-anak tetap sama sekaligus mengenalkan sedikit demi sedikit dengan jadwal dan ritme bulan puasa seperti sahur dan buka puasa. Untuk menjaga mood saya dan suami yang harus menahan lapar dan menjaga emosi di bulan Ramadan, saya dan keluarga pun berusaha melakukan hal-hal yang tidak terlalu berat dan lebih banyak aktivitas membaca dan menulis.

 

Saya tidak mewajibkan anak-anak untuk berpuasa walaupun kami tetap menyemangati anak yang tetap ingin berpuasa. Karena anak-anak masih membutuhkan banyak nutrisi dan dalam Islam mereka pun belum wajib berpuasa.  

 

Ramadan, Idul Fitri, dan Idul Adha adalah perayaan besar di rumah. Saya sangat menikmati momen saat anak-anak melakukan observasi terhadap bulan di bulan Ramadan, memasak menu spesial untuk berbuka puasa, hingga menyiapkan hiasan dan prakarya dengan tema Ramadan. Harapan kami, Insya Allah mereka akan mengingat momen spesial ini dan meneruskannya kepada anak-anak mereka suatu hari nanti.

 

Kali ini saya ingin berbagi beberapa printable untuk menyambut bulan Ramadan, dimana printable tersebut akan saya bagi dalam beberapa postingan. Silahkan download DIY Buku Personalisasi Sinar Matahari dan jadikan kegiatan ini menjadi momen menghargai dan mengenal lebih dekat dengan amanah yang dititipkan Allah kepada kita, orang tua mereka.

 

Bahan:

1. Kertas HVS A4 80 gsm

2. Lem kertas (merk apa saja)

3. Gunting/cutter

4. Pensil/spidol

5. Kardus bekas

 

Cara membuat:

1. Download dan print free printable link di atas.

2. Siapkan semua bahan

 

 

3. Lipat dua semua lembar kertas.

 

 

4. Tempel setiap halaman isi.

5. Potong lembaran cover menjadi dua bagian.

6. Potong kardus/karton tebal/kardus gelombang lalu tempel sebagai cover.

 

 

7. Tempel potongan cover di atas kardus/karton tebal/kardus gelombang

 

 

8. Ajak anak membaca lalu melengkapi gambar karakter tokoh utama dengan ciri khas anak sambil menebak setiap ekspresi pada toko utama.

 

 

 

9. Ajak anak menceritakan kembali DIY buku personalisai yang telah dilengkapi gambarnya. Tanyakan kembali manfaat sinar matahari, hikmah petualangannya yang menjadi tokoh utama buku karyanya, dan makna beberapa hadist yang disebutkan dalam buku.

7. Orang tua dianjurkan membaca dan mencari tahu terlebih dahulu beberapa pengetahuan di dalam buku ini.

 

Selamat bermain sambil belajar! Jangan lupa tag akun IG @CleferikDoodle yaaa :))

 

Find Us

Tags

© 2018 Template by w3layouts