"For fun and smart children"

26 March 2021
Mini Panggung dari Cerita Rakyat Indonesia

Pada dasarnya, setiap anak menyukai cerita, apalagi dongeng yang diceritakan oleh orang-orang kesayangan. Cerita selalu menciptakan keajaiban dan mampu memberikan rasa takjub di dalam hati. Cerita mengajari kita tentang kehidupan, tentang diri kita sendiri, dan tentang orang lain. Mendongeng adalah cara unik dalam menyampaikan sebuah cerita kepada anak untuk mengembangkan pemahaman, rasa hormat, mengenal, dan menghargai budaya, serta dapat meningkatkan sikap positif kepada orang-orang dari berbagai negara, ras, dan agama.

 

Banyak sekali manfaat mendongengkan beragam cerita kepada anak. Seperti anak dapat menjelajahi akar budaya mereka sendiri, memungkinkan anak-anak untuk berempati dengan orang / tempat / situasi yang baru, menawarkan wawasan tentang tradisi dan nilai yang berbeda, membantu anak-anak memahami tata krama dan moral di setiap budaya, menawarkan wawasan tentang pengalaman hidup universal, belajar bercerita, dan belajar melakukan presentasi.

 

Mendongeng memang menjadi cara terbaik untuk fokus dan mempertajam ingatan anak. Ketika kita membacakan sebuah cerita untuk mereka, kita dapat melakukan review atau meminta mereka untuk mengingat beberapa detailnya, lalu ajukan pertanyaan kepada mereka dan lihat seberapa banyak informasi yang mereka simpan.

Kita tidak harus membatasi anak dengan dongeng dari daerah tertentu. Selama cerita tersebut mempunyai pesan dan nilai moral yang baik. Memang tidak semua cerita rakyat mempunyai pesan moral yang baik untuk anak-anak, pilihlah cerita rakyat yang pesan dan budayanya dapat ditiru anak-anak. Sesuaikan dengan usia anak karena setiap tingkatan umur memiliki cara bercerita atau mendongeng yang berbeda. Hal ini disebabkan oleh kebutuhan informasi yang berbeda di tiap tingkatan umur. Karena mendongeng dapat mengajari anak-anak banyak hal tentang dunia dan kehidupan. Ini memberi mereka banyak kesempatan untuk mempelajari ide-ide luar biasa dan hal-hal yang belum pernah mereka temui sebelumnya. Dengan manfaat ini, tentu saja menjadi alasan yang kuat nih bagi orang tua untuk meluangkan waktu yang cukup untuk bercerita kepada anak-anak mereka.

 

Nah, agar kegiatan mendongeng semakin seru, ayah dan ibu bisa mendownload DIY wayang ini. Ajak anak membuat wayang dan panggung mini dari kardus. Jangan lupa membaca terlebih dahulu cerita yang ada di link, lalu ajak anak menceritakan kembali cerita menggunakan panggung mini. Seru!

 

Bahan yang dibutuhkan:

1. Free Printable yang sudah di print

2. Gunting atau cutter

3. Penggaris

4. Pensil

5. 2 buah kardus gulungan tisu bekas

6. 2 pasang sumpit

7. 1 lembar kardus bekas

8. kotak kardus bekas

9. lem tembak atau lem serbaguna.

10. 6 buah stik es krim 

 

Cara membuat:

1. Siapkan semua bahan 

 

 

2. Cetak lingkaran kardus gulungan tisu di atas 1 lembar kardus sebanyak 4 lingkaran. Lalu potong dan lubangi di tengah lingkarannya.

3. Tempel lingkaran kardus di setiap ujung kardus gulungan tisu bekas.

 

 

 

4. Masukan sumpit ke lubang kardus lalu lem seperti pada gambar.

 

 

5. Lubangi kardus dengan ukuran seperti gambar di bawah.

 

 

6. Masukan kedua sumpit seperti gambar di bawah

 

 

7. Rekatkan kertas. Kertas harus cukup erat agar dapat diputar.

8. Tempel tokoh-tokoh wayang di atas stik es krim atau di samping kardus seperti gambar di bawah.

 

 

Selamat bermain sambil belajar! Jangan lupa tag akun IG @CleferikDoodle yaaa :))

Find Us

Tags

© 2018 Template by w3layouts