"For fun and smart children"

13 April 2021
Yuk, Atasi Amarah! (poster jangan marah)

Pikiran merupakan bagian dari sistem kerja tubuh yang terus-menerus berkomunikasi dan saling mempengaruhi satu sama lain. Saat tubuh kita sakit, suasana hati pun menjadi buruk; kita merasa lelah, sedih, kecil hati, dan bahkan perasaan menjadi tertekan yang akhirnya dapat menyebabkan mudahnya emosi negatif terpancing sehingga kita menjadi mudah marah. Kapanpun kita terluka atau marah, nadi kita akan berdenyut kencang atau kita akan mengalami sakit kepala. Dan setiap kali sebuah pikiran muncul, ada zat kimia yang ikut muncul dengannya. Seperti saat bahagia tubuh akan melepas endorfin yang memperlancar peredaran darah dan meningkatkan daya tahan tubuh. Sedangkan saat sakit atau marah tubuh akan melepas hormon adrenalin dan hormon stres sehingga dalam waktu singkat tekanan darah juga akan meningkat, suhu tubuh meningkat, kecepatan napas dan detak jantung juga meningkat, serta pupil akan melebar. Sehingga bila terlalu sering marah tubuh akan melepaskan racun ke diri sendiri juga ke orang di sekitarnya.

 

Ahli saraf dari Harvard, Sara Lazar, mempelajari otak para meditator dibandingkan dengan non-meditator. Penelitian tersebut menemukan bahwa tekanan mental (sakit, marah, dan stres) dapat menyebabkan disfungsi fisik, sedangkan pikiran yang sehat dapat meningkatkan kesejahteraan fisik. Seperti memiliki ingatan yang baik, kasih sayang, hingga kemampuan untuk introspeksi.

 

Bulan Ramadan dapat menjadi waktu yang tepat untuk memperbaiki diri. Baik memperbaiki jasmani maupun rohani. Karena saat kita berpuasa tubuh dapat menurunkan lipoprotein densitas rendah atau sering disebut sebagai kolesterol "jahat". Puasa juga dapat meningkatkan kinerja tubuh dalam memetabolisme gula sehingga dapat mengurangi risiko bertambahnya berat badan dan berkembangnya diabetes, yang keduanya merupakan faktor risiko penyakit jantung. Dengan syarat; selama puasa tetap menjaga konsumsi makanan yang halal dan baik (thayyib) serta mengatur emosi di dalam diri. Nah, berikut free printable poster jangan marah beserta cara mengontrol emosi saat marah dalam Islam baik dalam Al Qur'an maupun hadist.

 

Tetap sehat dan bahagia. Selamat berpuasa! Jangan lupa tag akun IG @CleferikDoodle yaaa :))

 

Find Us

Tags

© 2018 Template by w3layouts